Search

Bahaya Self Doubt yang Berlebihan dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Updated: Jul 17, 2021

Author : (Aprilia Tri Wahyu N.)


Ease.id - Istilah self doubt atau keraguan diri merupakan perasaan normal yang pernah terjadi pada setiap orang. Umumnya saat kita dihadapkan pada situasi baru atau menantang, perasaan self doubt akan muncul. Perasaan itu terjadi karena kita berada pada situasi yang tidak menentu dalam hidup.


Saat itulah kita akan mulai meragukan diri sendiri karena merasa tidak mampu untuk menghadapi atau mengatasinya. Self doubt juga bisa terjadi dari pengalaman negatif di masa lalu. Seseorang yang pernah diberitahu di masa lalunya jika ia “tidak cukup baik” dalam melakukan sesuatu, bisa menjadi efek negatif di kemudian hari.



Self doubt dalam beberapa kasus dapat memberikan pengaruh yang positif. Sebagaimana dikutip dari GoodTherapy, self doubt juga sering kali mengarah pada introspeksi dan peningkatan kinerja. Misalnya, bagi mereka yang khawatir tentang kinerja tidak baik pada tugas yang diberikan, mungkin akan menghabiskan banyak waktu untuk mempersiapkan diri dan materi dalam melaksanakan tugas tersebut.


Sementara, apa yang terjadi jika kita mengalami self doubt yang berlebihan? Self doubt yang berlebihan dapat menghambat perkembangan diri sendiri hingga berujung depresi. Seseorang yang mengalami keraguan diri secara kronis dapat mengalami berbagai masalah kesehatan mental.


Jika self doubt terjadi hingga mempengaruhi perilaku sehari-hari dan menghambat kinerja di tempat kerja atau sekolah, kita mungkin harus memahami jangka panjangnya jika hal tersebut terus dibiarkan. Menurut eugenetherapy, jika self doubt tidak segera diatasi diantaranya dapat menyebabkan:

  1. Kegelisahan

  2. Depresi

  3. Penundaan atau kurangnya motivasi

  4. Ketidakstabilan emosi

  5. Rendah diri

  6. Kesulitan membuat keputusan

Selain berpengaruh dan menambah masalah kesehatan mental lainnya, seiring waktu self doubt juga akan berpengaruh pada kesehatan fisik kita. Self doubt yang berujung pada kecemasan dan depresi dapat mempengaruhi kesehatan fisik yang serius seperti, penambahan berat badan, tekanan darah tinggi hingga kelelahan kronis.


Menurut huffpost, sangat penting bagi kita untuk tidak hanya menyadari sifat destruktif tersebut. Namun, juga memiliki metode untuk melawan negativitasnya. Hal tersebut sebagai upaya bagi kita untuk berusaha menikmati hidup yang menyenangkan, produktif dan memuaskan.



Bagaimana cara mengatasi Self Doubt yang berlebihan?

Berikut ini terdapat 5 cara untuk mengatasi self doubt berlebihan yang berujung pada efek negatif. 5 Cara berikut bisa menjadi referensi bagi kita untuk segera mengambil tindakan dan tidak membiarkan self doubt begitu saja yang dilansir dari huffpost.


1. Hidup di masa sekarang

Perasaan ragu-ragu sebagian besar melekat pada ingatan masa lalu saat kita gagal mencapai sesuatu atau saat orang lain memberitahu jika kita “tidak cukup baik”. Jangan terpaku pada hal-hal seperti itu, cobalah untuk memfokuskan diri pada masa sekarang. Hanya karena kita tidak mencapai sesuatu sebelumnya, bukan berarti kita tidak dapat melakukannya lagi. Setiap hari adalah awal yang baru dan kesempatan baru untuk mencapai apa yang benar-benar kita inginkan.


2. Percaya pada diri sendiri

Terkadang kita bisa menjadi musuh terburuk bagi diri kita sendiri. Saat kita mengatakan pada diri sendiri bahwa kita tidak dapat melakukan sesuatu, maka kita mungkin tidak akan mencobanya sejak awal.

Mulailah percaya pada diri sendiri, katakan pada diri sendiri bahwa kita sama mampunya dengan orang lain untuk mencapai impian. Serta, mari kita berhenti mendengarkan suara dari dalam yang mengatakan "saya tidak bisa."


3. Lawan yang negatif

Terkadang pikiran negatif di kepala lebih dominan dibanding yang positif. Cobalah untuk menyadari hal tersebut saat itu terjadi. Saat pikiran negatif muncul, ingatkan diri kita tentang hal-hal yang disukai pada diri sendiri, kekuatan kita, dan semua hal yang telah dicapai pernah kita banggakan.



4. Habiskan Waktu Bersama Orang Lain

Teman dan keluarga adalah sumber kekuatan, kepastian, dan dorongan yang tak ternilai. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki dukungan sosial yang kuat memiliki lebih sedikit masalah stres, jika dibandingkan dengan orang dengan lebih sedikit teman.

Cukup menyuarakan keraguan diri kita kepada orang lain sering kali dapat menempatkannya dalam perspektif dan membuat kita menyadari betapa tidak logisnya kenegatifan ini. Selain itu, orang lain dapat menawarkan saran dan dukungan yang akan memotivasi kita serta dapat memberi dorongan kepercayaan diri yang besar.


5. Temukan sumber keraguan diri kamu

Jika kita terus-menerus mengatakan pada diri sendiri bahwa kita tidak cukup baik, kita mungkin ingin menyelidiki akar masalahnya. Dari mana perasaan ini berasal? Apakah ada peristiwa tertentu yang menyebabkan kita memendam perasaan seperti itu? Kita dapat memilih untuk melakukannya sendiri atau dengan bantuan psikolog profesional. Setelah mengidentifikasi dan memahami sumber masalahnya, barulah kita dapat mulai bekerja untuk menghilangkan pola pikir negatif tersebut.


Jika kamu masih kesulitan untuk mengatasi self doubt, sebaiknya cari bantuan profesional kesehatan mental atau psikolog untuk mengatasi keraguan diri. Terutama perasaan tersebut bertahan pada titik yang membuat kamu sulit untuk menjalani kehidupan sehari-hari.




2 views0 comments